Top Tag
Uang yang disimpan di bank dapat dijamin LPS

Mungkin sebagian dari Anda masih asing dengan lembaga penjamin simpanan atau yang biasa disebut dengan LPS. Sebenarnya LPS ini memiliki peranan yang sangat penting di dunia perbankan, terutama bagi para nasabah yang menyimpan uang di bank. Nah bagi Anda yang ingin mengetahui apa fungsi LPS dan apa saja bank yang dijamin LPS, maka berikut ini ulasannya. 

  1. Fungsi Lembaga Penjamin Simpanan ( LPS ) 

Hal pertama yang harus Anda ketahui mengenai Lembaga Penjamin Simpanan ini adalah fungsinya. Nah berikut ini adalah beberapa fungsi dari Lembaga Penjamin Simpanan ( LPS ).

– Menjamin dana simpanan nasabah

Fungsi utama dari Lembaga Penjamin Simpanan adalah sebagai penjamin dana simpanan para nasabah yang ada di bank. Jadi dengan adanya Lembaga Penjamin Simpanan ini Anda tidak perlu khawatir lagi jika sewaktu – waktu bank yang Anda gunakan untuk menyimpan dana tutup atau bangkrut. Karena dana yang Anda titipkan tersebut akan dijamin oleh LPS, tapi tetap dalam jumlah yang telah ditentukan yaitu hanya sebesar 2 miliar rupiah saja. Untuk contoh mudahnya adalah jika Anda memiliki uang simpanan di bank A sebesar 3 miliar dan tiba – tiba bank A tersebut tutup, maka dana yang akan Anda terima dari LPS hanya sebesar 2 miliar saja. 

– Menjaga stabilitas sistem perbankan

Fungsi yang kedua dari Lembaga Penjamin Simpanan adalah sebagai penjaga stabilitas sistem perbankan di Indonesia. Nah tentunya dalam menjaga kestabilan sistem perbankan ini harus sesuai dengan kewenangannya. 

  1. Persyaratan dan daftar bank yang dijamin LPS

Selain mengetahui fungsi dari Lembaga Penjamin Simpanan Anda juga harus mengetahui apa saja syarat agar bank dapat menjadi peserta dalam LPS dan bank apa saja yang sudah dijamin oleh LPS.

– Persyaratan bank untuk menjadi peserta LPS

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh pihak bank agar dapat menjadi peserta LPS yaitu seperti menyerahkan dokumen – dokumen yang dibutuhkan, membuat surat keterangan mengenai tingkat kesehatan bank, membayar kontribusi kepesertaan, menyampaikan laporan secara berkala dan masih banyak lagi. 

– Bank yang dijamin oleh LPS

Sebenarnya untuk bank yang dijamin LPS adalah semua bank baik itu Bank milik pemerintah, swasta maupun BPR dan bank asing sekaligus. Maka dari itu Anda tidak perlu khawatir lagi, karena selama bank tersebut terdaftar secara legal di Indonesia maka sudah dipastikan bank tersebut telah menjadi peserta LPS. 

Nah jadi itulah beberapa informasi yang cukup penting mengenai apa itu Lembaga Penjamin Simpanan beserta fungsi dan bank yang dijamin LPS. Semoga dengan adanya informasi ini Anda menjadi lebih tenang saat menyimpan uang di bank. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Cek Bunga Deposito Dengan Kalkulator Deposito

Sebelum membuka deposito, yuk intip berapa bunga deposito yang ditawarkan dengan hitung melalui kalkulator deposito. Masing-masing bank memiliki ketentuan besaran bunga deposito yang berbeda. Namun demikian, di Indonesia besaran bunga deposito masih di antara 2-6%.