Top Tag
ilustrasi kalender

Bicara mengenai kehamilan memang tidak akan ada habisnya. Apalagi jika dikaitkan dengan masa subur atau ovulasi, mulai dari pembahasan siklus, kalender ovulasi, permasalahan masa subur, durasi dan problema lainnya. Ovulasi adalah proses dimana sel telur matang dilepaskan dari ovarium. Saat terjadi hubungan seksual, sel telur yang matang ini akan dibuahi oleh sperma dalam durasi tertentu lalu akan turun menuju rahim dan terjadilah masa kehamilan. 

Masa subur atau ovulasi sangat ditentukan oleh siklus menstruasi setiap bulannya, itulah mengapa mengetahui siklus menstruasi sangat penting saat Anda sedang merencanakan kehamilan. Dengan mengetahui siklus menstruasi Anda, Anda bisa mengetahui masa subur dengan menggunakan kalender ovulasi.

Keuntungan menggunakan kalender ovulasi dalam program kehamilan

Menggunakan kalender ovulasi untuk mendeteksi masa subur Anda merupakan cara yang cukup praktis. Caranya cukup mudah, Anda bisa mengunduh aplikasi kalender ovulasi di playstore atau appstore smartphone Anda. Lalu tandai saja kapan hari pertama Anda mengalami masa haid atau menstruasi setiap bulannya dan kapan hari terakhirnya. 

Normalnya, ovulasi atau masa subur terjadi 12 sampai 14 hari sebelum hari pertama menstruasi bulan berikutnya. Jika siklus menstruasi Anda teratur, yaitu 28 hari, biasanya masa subur Anda terjadi pada hari kesepuluh sampai hari ketujuh belas sesudah hari menstruasi terakhir. Kalender ovulasi akan otomatis memprediksi kapan masa subur Anda ketika Anda menandai hari pertama dan hari terakhir menstruasi. 

Tanda masa subur

Sebenarnya masa subur bisa diketahui dari beberapa ciri yaitu dengan melihat warna lendir yang keluar dari Miss-V. Saat Anda berada pada masa subur, lendir akan terlihat encer dan licin. Hal ini disebabkan adanya peningkatan hormon estrogen dalam tubuh Anda. Di Samping keluarnya lendir yang encer dan licin dari Miss-V, saat Anda sedang mengalami masa subur, Anda akan mengalami nyeri payudara dan perut bagian bawah. 

Anda juga dapat mendeteksi masa subur dari suhu basal tubuh Anda yang mengalami kenaikan selama kurang lebih 3 hari berturut-turut. Namun suhu basal ini dapat Anda ketahui dengan alat khusus yaitu femometer.

Bagaimana menurut Anda, mudah bukan cara menggunakan kalender ovulasi? Semoga ulasan ini dapat membantu Anda dalam menentukan masa subur. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *