Top Tag
ilustrasi bunga bank

Sebelum kalian mulai mengajukan pinjaman ke bank, kalian harus tahu bagaimana suku bunga bank perkreditan rakyat ditentukan. Mengingat masing-masing bank juga memiliki metode hitung bunga bank perkreditan rakyat yang berbeda-beda.

Metode Perhitungan Bunga Bank

Secara umum, terdapat 2 metode perhitungan bunga bank perkreditan rakyat, yaitu metode efektif serta metode flat. Tapi dalam sehari-hari ada juga modifikasi dari metode efektif, yaitu metode anuitas.

Mengenal Metode Efektif

Metode yang ini adalah menghitung bunga yang harus kalian bayarkan tiap bulan sesuai saldo pokok pinjaman pada bulan sebelumnya.

Rumusnya adalah, Bunga = SP x i x (30/360)

SP = Saldo pokok pinjaman bulan sebelumnya.

i = Suku bunga pertahun.

30 = Jumlah hari dalam sebulan.

360 = Jumlah hari dalam setahun.

Nantinya, angsuran pada bulan kedua akan lebih kecil daripada angsuran di bulan pertama. Juga bulan-bulan selanjutnya, angsurannya akan semakin menurun dari waktu ke waktu.

Mengenal Metode Flat 

Metode yang ini, perhitungan bunganya selalu menghasilkan sebuah nilai bunga yang sama tiap bulan. Hal ini karena bunganya dihitung dari potensi bunga yang dikalikan dengan pokok pinjaman di awal.

Rumusnya, Bunga per Bulan = (P x i x t) : jb

P = Pokok pinjaman di awal.

i = Suku bunga per tahun.

t = Jumlah tahun jangka waktu kredit.

jb = jumlah bulan jangka waktu kredit.

Karena bunga bank perkreditan rakyat nya dihitung dari pokok awal pinjamannya, biasanya suku bunga flat ini lebih kecil daripada suku bunga yang efektif. 

Mengenal Metode Anuitas

Metode ini adalah modifikasi dari metode efektif. Metode yang ini dapat mengatur semua jumlah angsuran pokok serta bunga yang dibayar agar selalu sama tiap bulannya.

Rumusnya, Bunga = SP x i x (30/360)

SP = Saldo pokok pinjaman bulan sebelumnya.

i = Suku bunga pertahun.

30 = Jumlah hari dalam sebulan.

360 = Jumlah hari dalam setahun.

Biasanya bank sendiri mempunyai sebuah software yang dapat otomatis menghitung bunga anuitas ini. 

Metode ini terlihat jika angsuran bulan kedua selalu sama dengan angsuran dari bulan pertama, juga seterusnya dimana besar angsuran akan selalu tetap sama sampai dengan jangka kredit selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like