Top Tag
ilustrasi tabungan di BPR

Apakah  Anda jika di  Indonesia berbagai  jenis tabungan?  Berdasarkan  Undang-undang No 10 Tahun 1998 yang mengatur tentang dunia  Perbankan, Tabungan merupakan sebuah  simpanan yang cara penarikannya  hanya bisa  dilakukan berdasarkan persyaratan tertentu yang sudah disepakati. Akan tetapi tabungan tersebut  tidak bisa  ditarik dengan menggunakan cek ,  giro,  dan  lainnya yang sudah disetarakan  dengan hak tersebut. Dari berbagai macam  tabungan yang ada di Indonesia, ada beberapa jenis tabungan yang ditawarkan oleh BPR.

Jenis Tabungan di BPR

 Dari  berbagai macam  tabungan yang ada di Indonesia, semuanya  mempunyai  pengertian yang sama yaitu tempat untuk menyimpan  uang. Salah satunya adalah di BPR. BPR adalah jenis bank pengkreditan rakyat yang banyak digunakan saat ini. Ada beberapa jenis tabungan yang ditawarkan, yaitu : 

  1. Tabungan bentuk konvensional

Tabungan ini  adalah  salah satu bentuk tabungan di  mana dana yang masuk ke rekening  bisa Anda  ambil  kapan saja jika membutuhkan. Selain itu,  untuk batas waktu penyetoran tidak terbatas. Hampir semua   masyarakat di Indonesia mempunyai jenis  tabungan konvensional ini. Ketika sudah  menjadi   nasabah dari tabungan ini  maka akan  diberikan  nomor rekening  yang bisa digunakan  nasabah  untuk melakukan melakukan transaksi yang diinginkan.

  1. Tabungan jenis investasi

Tabungan jenis ini  adalah salah satu jenis tabungan yang  terdiri berbagai jenis  tabungan. Hal ini karena  bisa dilakukan penarikan dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan kebutuhan . Ada beberapa jenis tabungan investasi dari BPR, yaitu : 

  • Tabung berencana

Tabungan  ini mempunyai sistem hampir sama  dengan tabungan deposito. Tabungan ini mempunyai fungsi   sebagai  tabungan  untuk suatu rencana  tertentu yang sudah direncanakan dan bisa diambil jika memang sudah sesuai dengan rencana. Saldonya  dapat ditarik dalam jangka waktu tertentu alias tidak bisa ditarik setiap hari.

  • Deposito

Deposito adalah jenis tabungan yang mempunyai  bunga yang  besar jika dibandingkan  dengan bentuk  tabungan lainnya. Ketika mengikuti program ini, nasabah  harus  memilih  waktu penarikan 1-6 bulan  atau satu tahun. 

  1. Tabung untuk haji

Dari namanya saja kita sudah tahu jika tabungan ini  adalah tabungan yang  digunakan  untuk rencana ibadah haji. Tabungan haji ini sangat  direkomendasikan kepada  para nasabah  yang sudah mempunyai  keunikan untuk  melaksanakan ibadah haji . Dengan tabungan ini  akan membuat tujuan   ibadah haji tersebut lebih terarah dan akan mendapatkan kepastian. 

Apabila  saldo Anda sudah  mencapai batas yang ditentukan untuk bisa mendaftar Ibadah  haji, nasabah  bisa segera  mendaftar ke Kementerian Agama untuk berangkat menunaikan ibadah haji.

  1. Tabungan giro

Tabungan giro merupakan   tabungan yang baik banyak digunakan  untuk  alat transaksi dalam bisnis. Ada banyak perusahaan yang ini   menjadi nasabah dari tabungan ini. Nasabah akan menggunakan   cek untuk melakukan transaksi. Jika Anda mengikuti proses tabungan ini maka Anda   tidak akan diberi buku tabungan. Akan tetapi Anda  akan  diberikan  sebuah catatan transaksi yang tercatat kurang lebih satu bulan. Catatan tersebut bernama  rekening koran.

Dari penjelasan di atas bisa disimpulkan jika BPR ternyata mempunyai banyak sekali jenis tabungan ya. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mengenal Perhitungan Bunga Bank

Sebelum kalian mulai mengajukan pinjaman ke bank, kalian harus tahu bagaimana suku bunga bank perkreditan rakyat ditentukan. Mengingat masing-masing bank juga memiliki metode hitung bunga bank perkreditan rakyat yang berbeda-beda.