Top Tag
ilustrasi atap

Proses pembangunan bangunan, akan membutuhkan komponen material yang berkualitas. Besi kanal dimanfaatkan untuk beberapa kegunaan berdasarkan jenis dan fungsinya contohnya adalah besi kanal c untuk atap. Material ini sangat dibutuhkan bahkan dalam jumlah yang banyak. Besi kanal dapat memperkuat dan memperkokoh bangunan. Hal tersebut yang menyebabkan besi kanal banyak diperlukan oleh banyak orang. 

Jenis besi kanal berdasarkan bentuk 

Terdapat dua jenis besi kanal berdasarkan bentuk yaitu besi C dan besi U. Kedua jenis ini memiliki perbedaan dalam hal penggunaannya. 

  1. Besi C

Besi kanal C atau CNP merupakan besi yang berbentuk huruf C. Besi yang dimanfaatkan untuk bidang otomotif, konstruksi dan industri. Panjang besi kanal C dapat mencapai 6 m sedangkan untuk ukuran dari penampangnya akan berbeda-beda. Begitu pula, dengan tebalnya besi kanal C. kegunaan besi kanal C untuk atap, untuk girts atau pemegang penutup ruangan.

  1. Besi U

Berbeda dengan bentuk besi kanal C untuk atap, besi U atau UNP merupakan besi dengan bentuk huruf U. Kegunaan besi kanal jenis ini adalah untuk kebutuhan purin atau rangka konstruksi. Besi kanal U memiliki jenis sesuai dengan spesifikasinya. Ukuran dan karakteristiknya juga berbeda-beda. Oleh karena itu pastikan untuk memilih besi U yang tepat. Sebelum membeli besi U, sebaiknya lakukan perhitungan kekuatan dari struktur bangunan dam lanjutnya menghitung juga beratnya. Ukuran yang di jual di pasaran adalah besi kanal U mulai dari 50 hingga 200 mm. 

Harga besi kanal C dan U 

Untuk harga besi kanal U dan harga besi kanal C untuk atap di pasaran, sangat beragam. Harga bergantung pada ukuran ketebalan dan juga beratnya. Maka dari itu, sebaiknya sebelum membeli, anda harus mengetahui terlebih dahulu berapa ukuran dan beratnya. Kemudian, mencari referensi terkait harga. 

Harga besi kanal C dan U mulai dari Rp. 100.000. Kemungkinan harga juga dapat mengalami perubahan. Terpenting, semakin besar ukuran dimensi yang diperlukan maka harga besi kanal C atau U akan lebih tinggi. Sesuaikan ukuran besi dengan keperluan konstruksinya. 

Demikian informasi terkait jenis-jenis besi kanal, semoga informasinya bermanfaat. Besi kanal memiliki kegunaan masing-masing tidak hanya untuk kebutuhan konstruksi tetapi juga otomotif dan lainnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Keunggulan Distributor Bata Ringan Dibandingkan Bata Merah

Pada tingkat distributor bata ringan dan bata merah, dua produk ini memiliki harga yang jauh berbeda. Bata ringan biasanya memiliki harga yang jauh lebih tinggi daripada  bata merah.Hal ini karena bata ringan memiliki berbagai keunggulan yang tidak dimiliki oleh bata merah. Berikut ini adalah ulasan dari keunggulan bata ringan dibandingkan bata merah.

Ingin Beli Besi Siku? Ini Dia Jenisnya!

Anda membutuhkan besi siku untuk keperluan pembangunan Anda? Jangan khawatir, karena saat ini sudah banyak sekali tempat untuk beli besi siku dan Anda bisa mendapatkannya dengan sangat mudah. Sebenarnya apa sih besi siku itu?  Jadi, besi siku sendiri merupakan sebuah besi yang bentuknya menyerupai siku. Yang mana, untuk sudut yang dimiliki ada berbagai macam, dimulai dari sudut 4 derajat bahkan sampai 90 derajat. Besi ini merupakan besi dengan bahan dasar menggunakan skrap serta billet. Dimana skrap merupakan sebuah besi bekas daur ulang sedangkan billet merupakan baja batangan.

Menemukan Kelebihan Dan Juga Kekurangan Penggunaan Floordeck

Floordeck termasuk dalam bahan penulangan positif searah berbentuk lembaran berbahan komposit baja dengan lapisan galvanis. Material ini dapat berfungsi sebagai tulangan positif pada beton dan penyangga permanen seperti pengganti fungsi triplek atau papan. Penggunaan floordeck diterapkan sebagai alternatif sistem konvensional.