Top Tag
Ilustrasi Pemeriksaan

Idealnya bagi kamu yang sudah berumah tangga, melakukan pemeriksaan organ reproduksi secara rutin lebih baik dilakukan. Hal itu berguna supaya kamu dapat lebih  waspada akan timbulnya gangguan organ reproduksi khususnya pada tuba falopi.Maka dari itu sebaiknya kamu lakukan pemeriksaan tuba falopi ini agar terhindar dari beberapa penyakit berikut :  

  1. Endometriosis

Pada umumnya saat wanita mengalami pre-menstruasi, dinding rahim /endometriumnya akan menebal. Penebalan ini berfungsi sebagai tempat menempelnya zigot/calon janin apabila nanti terjadi pembuahan. Namun apabila tidak ada pembuahan maka penebalan itu akan diluruhkan lewat proses menstruasi

Akan tetapi dalam proses ini ada kalanya terjadi kelainan yang sampai sekarang juga masih diselidiki oleh peneliti. Terjadi pembentukan lapisan endometrium ini tidak hanya di rahim tapi juga di bagian lain seperti ovarium, tuba falopi, dan rongga panggul. Berbahayanya adalah lapisan tidak wajar itu tidak bisa diiluruhkan. Tentu selain menyebabkan rasa sakit, gumpalan ini dapat menyebabkan infeksi dan gangguan lainnya seperti kista.

  1. Pelvic Inflammatory Disease /PID

Lebih mudahnya gangguan yang satu ini dinamakan penyakit radang panggul. Endometriosis bisa menjadi salah 1 faktor penyebab terjadinya penyakit ini. Namun ada juga faktor-faktor lainnya seperti gaya hidup yang tidak sehat, stres, dll. Infeksi tersebut tidak hanya bisa terjadi pada tuba falopi tapi juga pada serviks/mulut rahim maupun ovarium.

Infeksi ini rawan terjadi pada wanita muda dengan rentang usia 15 sampai 24 tahun.Ini karena usia tersebut dimana hormon kesuburan paling bekerja dengan aktif. Tentunya infeksi selain menyebabkan kemandulan tapi juga kamu berisiko tinggi mengalami kehamilan ektopik. Ini merupakan kelainan dimana zigot justru menempel di tempat lain bukan di dinding rahim. Bila sudah menjadi janin, dapat membahayakan nyawa sang ibu.

Itulah tadi beberapa penyakit serius yang bisa timbul akibat penyumbatan tuba falopi. Maka dari itu bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati. Jangan tunggu infeksi baru kamu mau melakukan pemeriksaan tuba falopi. Berikutnya kamu juga harus mulai membiasakan pola hidup sehat mulai dari makan hingga tidur. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like