Top Tag
ilustrasi olahraga program hamil

Olahraga menjadi salah satu kunci agar program hamil cepat berhasil. Tetapi tidak sembarang olahraga bisa dilakukan, berikut beberapa jenis olahraga untuk program hamil.

Jenis Olahraga Untuk Program Kehamilan

Olahraga untuk promil disarankan dilakukan dalam intensitas sedang serta durasi yang sesuai, sehingga fungsi kesuburan menjadi lebih optimal. Pada wanita disarankan untuk berolahraga kurang lebih 150 menit per minggu atau dilakukan 5 hati dalam satu minggu dengan durasi 30 menit per harinya.

Selain durasi, Anda juga harus memperhatikan jenis olahraganya. Olahraga berat sangat tidak disarankan untuk wanita yang sedang menjalankan program hamil. Karena bukannya menambah kesuburan, olahraga berat justru menurunkan tingkat kesuburan.

Maka dari itu pilihlah olahraga yang tepat. Berikut beberapa jenis olahraga untuk program hamil bagi wanita:

  • Jogging ringan, 5 kali seminggu dengan durasi 30-60 menit.
  • Zumba, 2-3 kali per minggu.
  • Aerobik, 2-3 kali per minggu.

Jenis Olahraga yang Sebaiknya Dihindari

Setelah mengetahui beberapa jenis olahraga yang disarankan, berikut beberapa jenis olahraga yang sebaiknya dihindari atau tidak Anda lakukan sama sekali selama menjalankan program hamil.

  • Bikram yoga/-hot yoga.
  • Core strength training setelah ovulasi, termasuk core Pilates.
  • Olahraga 7 kali seminggu dengan durasi 45-60 menit.
  • Olahraga lebih dari 1 jam.
  • Olahraga dengan intensitas tinggi (lari, gimnastik, balet, dll).

Selain beberapa jenis olahraga di atas, ada beberapa saran yang dapat diperhatikan oleh wanita dengan berat badan berlebih. Seperti perlunya mengatur kalori harian, mengurangi konsumsi kalori dan meningkatkan kegiatan olahraga secara bertahap hingga tubuh mencapai BMI (body mess index) yang ideal. Target olahraga dapat dimulai dengan olahraga kardio 60 menir per hari sert olahraga strength-training sebanyak 3 kali di setiap minggunya dengan durasi 30 menit.

Sedangkan pada wanit yang memiliki berat badan di bawah rata-rata. Maka disarankan untuk meningkatkan asupan kalori sampai pada BMI normal. Jika biasanya Anda berolahraga 5 kali atau lebih selama seminggu, maka sebaiknya kurangi dulu durasi olahraga menjadi 3 kali saja setiap minggunya.

Manfaat olahraga sangat banyak, utamanya bagi wanita yang sedang menjalankan program hamil atau yang ingin cepat hamil. Semoga jenis olahraga untuk program hamil di atas dapat bermanfaat untuk kelancaran program hamil Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like