Top Tag

ATS Genset atau yang kepanjangannya adalah (Automatic Transfer Switch) adalah sebuat sistem genset yang bisa memungkinkan sebuah genset untuk mengalirkan listrik dengan otomatis dan langsung ke dalam beberapa perangkat yang terhubung dengan genset itu setelah listrik dari PLN padam. Dan saat listrik sudah  menyala kembal, ATS genset ini nantinya akan langsung memutus otomatis listrik dari genset yang mengalir memakai kontak relay yang lalu disuplai oleh jaringan PLN.

Perawatan Komponen Baterai

Ada beberapa hal yang bisa kalian lakukan dalam merawat ATS Genset ini, yaitu,

  1. Perawatan Komponen Baterai

Saat kalian mempunyai genset yang sudah memiliki usia lebih dari tiga tahun, kalian perlu melakukan sebuah pemeriksaan dengan mengukur kekurangan tegangan terminal juga agar bisa menjaga kebersihan baterainya.

Kalian bisa melakukan pencucian dengan memakai larutan dari baking soda agar bisa mempertahankan resistensi terminal baterainya. Sedangkan dalam ukur tegangan terminal, kalian bisa melakukan load tester saat tiap starting baterai.

  1. Perawatan Komponen Dingin

Disaat kalian ingin semua rangkaian komponen ATS Genset tersebut akan tetap berfungsi seperti saat dulu pembelian, salah satu cara yang bisa kalian lakukan adalah dengan menjaga komponen pendingin, dimana teknisi yang kalian miliki dapat melakukannya sehari-hari.

Dan setelah selesai dipakai, teknisi bisa mengontrol sisa air radiator serta menambahnya tingkat tepat dibawah seal. Jangan lupa juga untuk memeriksa komponen kompresi yang tidak akan mengecek apakah aliran udaranya dapat membersihkan radiator secara langsung maupun tidak.

  1. Kontrol Pemanasan Mesin

Saat kalian menyalakan mesin ATS Genset, kalian juga harus memeriksa dan mengecek apakah terdapat gerakan maupun mendadak mesinnya terlalu kerasa. Dan jika iya, nantinya akan lebih baik jika kalian segera mematikan mesin serta mengontrol genset.

Periksalah apakah ada sebuah kotoran yang menempel serta apakah ada masalah lainnya. Dan dengan perawatan serta pengontrolan yang sudah dilakukan dengan berkala, sistem ATS genset akan dapat berfungsi dengan baik serta tidak ada masalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like