Top Tag
kelas ielts

Anda tertarik untuk kuliah atau bekerja di luar negeri? Umumnya, Anda akan memerlukan sertifikat Bahasa Inggris, dan dua kelas yang paling terkenal adalah kelas IELTS dan TOEFL. Lantas, mana yang semestinya Anda pilih antara kedua itu? 

Tentu saja, sangat tergantung dari negara yang akan dituju. Namun belakangan ini, ternyata IELTS menjadi standar yang lebih sering dipakai ketimbang TOEFL. Mengapa begitu? Apa sebenarnya IELTS itu?

Mengenal IELTS

IELTS merupakan singkatan dari International English Language Testing System. IELTS adalah tes kemampuan Bahasa Inggris yang penyelenggaraannya dilakukan secara bersama-sama oleh Universitas Cambridge dan BritishCouncil. 

Kisaran skor ujian IELTS adalah 0 – 9 dan nilai yang dianggap baik adalah minimal 5,5. Namun 5,5 biasanya tidak cukup untuk memasuki program magister di luar negeri yang membutuhkan minimum skor antara 6 – 7,5.  

Materi Ujian IELTS

Materi ujian IELTS terbagi ke dalam reading, listening, speaking, dan writing. Menariknya, berbeda dengan TOEFL dalam ujian IELTS ini tidak ada materi yang akan menilaigrammarAnda. Total penyelenggaraan ujian IELTS biasanya adalah 2 jam 45 menit (durasi ini tentu lebih sebentar daripada TOEFL yang memakan waktu pengerjaan 4 jam). 

Jangan khawatir Anda tidak akan mengerjakan ujian secara maraton karena di antara setiap sesi tersebut akan ada jeda waktu sejenak untuk beristirahat. Meskipun bisa jadi jeda tiap sesi ini malah dapat menurunkan konsentrasi yang sudah terlanjur “panas”. Karena itu, dengan mengambil kelas IELTS Anda dapat lebih dulu menyesuaikan diri.  

Mengingat pentingnya ujian IELTS ini terutama sebagai syarat untuk bisa berkuliah atau bekerja di luar negeri, maka tersedia beraneka kelas untuk melatih Anda agar dapat mengerjakan materi ujian IELTS dengan baik. Kelas IELTS ini biasanya membuat simulasi-simulasi soal yang pola-polanya sudah disesuaikan dengan materi yang biasa keluar di ujian IELTS. 

Jika Anda sudah terbiasa dengan simulasi, maka Anda tidak akan kaget dengan soal-soal yang keluar di ujian IELTS. Anda tinggal memerlukan konsentrasi dan ketenangan dalam menghadapi ujian ini. 

Sekadar tips, jika Anda ada rencana bekerja atau kuliah ke luar negeri, maka jangan mepet dalam mengambil tes IELTS. Usahakan lakukan persiapan dari jauh-jauh hari, dan jika nilai Anda belum bagus di ujian kesempatan pertama, maka masih ada waktu bagi Anda untuk memperbaikinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Les TOEFL Online dan Mengenal Lembaga Sertifikat TOEFL yang Resmi

Untuk dapat mengikuti alur persaingan global saat ini, kamu bisa mengajukan diri dengan mengikuti les TOEFL online untuk membantu menguji kemampuan bahasa Inggris kamu sudah seberapa. Kamu juga bisa mendapatkan latihan TOEFL online secara tepat. Apalagi sekarang juga banyak lembaga yang menyediakan pembelajaran untuk kursus bahasa Inggris TOEFL dengan mudah.

Ikut Bimbel Sebagai Sarana Belajar Persiapan SBMPTN

Persaingan SBMPTN semakin ketat setiap tahunnya. Pilihan ketat ini membuat sebagian besar peserta menganggap bimbingan belajar pilihan wajib. Melalui proses seleksi yang ketat, siswa yang memenuhi syarat untuk diterima di universitas yang mereka impikan akan dipilih. Tak heran banyak siswa berlomba mengikuti tempat bimbel terbaik.

Keuntungan Bergabung Les Private Sekolah Internasional

Tentu sudah menjadi hal yang lumrah ketika orang tua memasukkan anaknya untuk bergabung dengan les privat sekolah internasional. Hal ini bertujuan agar prestasi dibidang akademik sang anak dapat meningkat atau paling tidak dapat berkembang dengan baik.